Technology

Anak UI Ataupun Calon Anak UI Wajib Baca #SERIUS

Well, provokatif banget yak judul gue diatas? hahaha #biasangalay. Tapi serius dah, ini postingan wajib dibaca buat lo yang anak UI ato bukan, buat lo yang berniat masuk UI ato engga atopun lo yang lulusan UI ato DO dari UI haha #astaghfirullah #jangansampeyaAllah #mintamaap

Sebener-benernya, ini bukan postingan asli punya gue. Gue repost ini postingan dari http://pizna.com/2015/01/7-fakultas-di-universitas-indonesia-ui-yang-paling-paling.html *well gue cantumin linknya yaakk dan gue mengakui kalo ini bukan tulisan gue. ini tulisan orang (Andi Kamal Reza Malewa, mahasiswa Teknik Arsitektur UI 2012) yang gue posting ulang doang soalnya kocak bet kalo menurut gue, makanya gue posting ulang*

Sekilas cerita gini, berhubung ini malem gue gabisa tidur gegara abis minum kopi #apalah, gue biasalah, ngenet sembari nyari bahan tugas buat skripsi gitu #ceilah #mahasiswabangkot #sokrajin. Singkat cerita, di efbi, gue nemu ini link dan gue buka dan voila, gue langsung ngakak terbahak-bahak pas baca ini postingan. Untuk lebih jelasnya dan agar tidak kepo, gue bakal copas postingannya biar lo semua juga ikut ngakak terbahak-bahak mengetahui “setengah mitos setengah fakta” yang ada di tulisan ini. Noted: di tempat aslinya aka webnya, ini postingan ada gambarnya “gambar fakultas-fakultas yang disebut gitu” tapi di tempat gue gambarnya gue ilangin karena gue pikir biar irit dan gak bikin lemot #serius. Dia akhir ini postingan, gue juga bakal ngasih pendapat gue akan kebenaran dari artikel ini.

So, here we go..

7 Fakultas di Universitas Indonesia (UI) yang ‘Paling-Paling’

JAN 17, 2015BY KONTES PIZNAIN MAHASISWA

Selama ini (gak bisa dipungkiri), pada kenyataannya UI sering didewakan oleh civitas akademika didalamnya sendiri, atau bahkan orang yang ga punya relasi khusus dengan orang-orang di UI. Biasa ada bahan perdebatan, “UI sama ITB, paling pinter yang mana sih?”, atau “UI kampus terluas di Indonesia? Sama UGM?”Well, apapun perdebatan itu, UI emang bisa dikatakan salah satu kampus terunik dan ter-“paling” di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal UI, TS disini akan bahas berbagai macam ciri khas dari tiap fakultas didalamnya yang seengaknya bisa jadi bahan bacaan kita sekalian, tentang seberapa “paling-paling”-nya sih UI itu. Silahkan liat reviewnya :

PALING ENTERTAINING : FAKULTAS EKONOMI

Bagaimana mungkin kita gak menobatkan FE sebagai Fakultas yang “paling entertain” se-antero UI? Dimulai dari lokasi kampus yang sering dijadikan tempat syuting FTV hingga film sebesar dan sekeren ”5cm”, berjejernya tempat makanan dan minuman ringan disekeliling area kampus, hingga sampai berjejernya berbagai macam jenis mobil dari masing-masing “kelasnya” di halaman parkir dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi pula. Gak cuma keren dari wujud fisik guys, banyak juga artis terkenal yang melanjutkan jenjang pendidikan di Fakultas Ekonomi UI ini loh, seperti Afgansyah Reza, Dian Sastro Wardoyo, Tasya Kamila, Annisa Pohan, dan masih banyak lagi. Meskipun mereka terjun ke dunia entertain, toh dari segi akademis mereka juga bisa mengimbanginya. Bahkan 3 dari 4 artis yang disebut diatas mengambil jenjang S2-nya di UI, keren. Buat yang mencari pasangan hidup dengan masa depan menjanjikan, FE punya segudang calon untukmu loh!

PALING JARANG MANDI: FAKULTAS TEKNIK

Yah, sudah menjadi aib tersendiri bagi banyak mahasiswa teknik pada umumnya, dan di UI pada khususnya, bahwa kegiatan yang disebut “mandi” adalah hal yang membuang-buang waktu. Tidak bisa dibayangkan oleh mereka. Di tengah sibuknya anak sipil menghitung RAB dari desain rumah yang dibuat sendiri, anak arsitektur yang membuat bangunan tak masuk akal dan mesti memikirkan konsepnya matang-matang, atau anak kimia yang harus kembali “bernostalgia” dengan Fisika Murni di mata kuliah Termodinamika, rasa-rasanya waktu 5 menit untuk mandi itu menjadi tidak penting dan lebih baik dialokasikan untuk mengerjakan tugas. Belum lagi dengan kultur organisasi di Teknik yang dikenal “solid dan loyal”. FYI, bahkan untuk mengadakan rapat dan hearing, forum kemahasiswaan bahkan sering diadakan sampai jam 8 pagi! Meski jarang mandi, yang penting pengetahuan didalam diri banyak, sob! Pendamping hidup yang kesehariannya sederhana dan punya otak encer, itukah kriteria yang kamu cari?

PALING “SUBHANALLAH” : FKM

Tidak ada yang menampikkan, Fakultas Kesehatan Masyarakat adalah fakultas yang “setidaknya” paling ter-“subhanallah” di UI. Mengapa demikian? Hampir setiap hari sepertinya, disudut bangku Bis Kuning (Bis kampus), tepat dibagian pintu bis, mayoritas penumpang yang naik/turun adalah wanita, dan wanita-wanita yang turun ini hampir dibilang 99% memakai jilbab. Kurang “subhanallah” apa coba? Fakultas ini juga memiliki jumlah mahasiswa yang cenderung lebih sedikit daripada mahasiswinya. Mitos mengatakan, bahwa satpam di FKM pun sampai tahu yang mana mahasiswa FKM dan yang bukan; jika ada yang masuk melalui pintu depan fakultas. Ada juga yang pernah menceritakan, pernah ada suatu seminar kemuslimahan yang diselenggarakan dan diadakan di perpustakaan pusat kampus. And, as you know, mahasiswi FKM mendominasi tempat duduk audiensi dengan jumlah sekitaran 40%! Buat mahasiswa yang mau ta’aruf dan ingin segera melepas status “jones”nya, mungkin mahasiswi-mahasiswi FKM ini bisa dijadikan rujukan*loh*.

PALING PENGERTIAN : FPsi

Tidak ada mahasiswa yang memiliki hati, jiwa, dan perangai selembut dan sebaik mahasiswa FPsi UI *ini apa coba*. TS punya pengalaman pribadi. Suatu saat TS mengikuti kelas dari mata kuliah “Karawitan Jawa” (kelas yang berisikan materi tentang permainan musik tradisional Jawa). Waktu itu tiba saatnya ujian tengah semester. Sehari sebelum ujian, semua mahasiswa pun pergi latihan didalam kelas, dan semuanya berebutan untuk mempelajari satu alat yang dinilai paling susah; yakni Bonang. Namun ternyata, tempat itu sudah diisi duluan oleh seorang mahasiswi psikologi. TS dan beberapa mahasiswi lain agak kecewa sebenarnya, dan pada akhirnya (TS pribadi) berlatih dengan balat musik lain. Namun tak disangka-sangka, si mahasiswi ini (yang duduk tepat di depan TS) bilang “mau gantian latihan pake bonang ini ga?” dengan wajahnya yang tersenyum. Memang kumpulan mahasiswa/i Fpsi paling pas kamu tentukan sebagai jodoh jika yang kamu cari didalam kriteria itu adalah “orang yang pengertian”.

PALING CEPAT WIFI-NYA

Tempat ini adalah rujukan segala umat di UI ketika SIAK-War menghadang. Koneksi internet di fakultas ini memang bisa dikatakan diatas rata-rata. Waktu itu saja, ada mahasiswa yang mengatakan kalau kecepatan internet di kantin fakultas ini bisa tembus secepat 10Mbps! Hal ini mungkin juga karena ada faktor intenal mahasiswa yang emang doyan melakukan “eksperimen” dengan teknologi yang ia kuasai (maybe), hingga merubah “basecamp”-nya tersebut menjadi surga internet. Atau mungkin memang letak fakultas yang dekat dengan server wifi kampus? TS juga tidak tau. Yang jelas, banyak spot OK di fakultas ini yang enak dijadiin rujukan buat nongkrong-nongkrong sambil menikmati kecepetan internet didalamnya. Buat yang mau kecepatan internet lebih dari 10 Mbps dan bisa dinikmatin seumur hidup, anak Fasilkom mungkin bisa jadi jaminannya *gubrak* *dikeroyok anak fasilkom*.

PALING BANYAK BIDADARINYA: FIB

Ada yang tahu Cakra Khan? Oke. Sekarang ada yang tahu lagunya yang berjudul “Harus Terpisah”? Oke. Intinya, direct point TS adalah, latar belakang video tersebut diambil di Jembatan Teknik Sastra atau yang biasa disebut juga dengan Jembatan Teksas. Tahukah kamu, kisah dibalik berdirinya jembatan tersebut? Konon katanya, dulu banyak mahasiswa teknik UI yang kesepian di kampus dan mereka pun mencari waktu luang untuk nongkrong di pinggiran tanah. Tak disangka, diseberang sana, terdapat puluhan bidadari cantik yang sedang tertawa dan bercengkerama satu sama lain. Walhasil air liur kekaguman dari ribuan mahasiswa FT ini menggenangi Danau UI dan semua mahasiswa itu pun bergotong royong satu sama lain untuk membangun Jembatan Teksas itu dengan pengaplikasian ilmu keteknikannya masing-masing. Keren ya ceritanya? Ini cerita turun temurun di FT. Bahkan salah satu senior pernah bilang ke juniornya, “Kalau gak kuat iman, jangan ke FIB”. Bagi yang mau buktikan kebidadarian FIB ini, bisa langsung lihat ke Kantin Sastra, tepat di ujung fakultas (ingat iman harus kuat). Ayo, mahasiswa-mahasiswa jones, tunjukkan pesonamu!

PALING KRITIS: FISIP

Dan inilah fakultas terakhir yang TS beri gelar terhormat, yakni “paling kritis”. Ya, memang banyak mahasiswa di fakultas ini yang memiliki pandangan terbuka akan sesuatu; apapun itu, dan mau bahkan berani untuk mendiskusikannya secara langsung. Fakultas yang mahasiswanya paling seru dijadikan audiensi ketika “Eksplorasi Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2015” (bahkan beberapa blog pernah mendiskusikan hal “kontroversial” setelahnya, TS ga mau kasi tau), bahkan sampai ketika Debat Terbuka Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009, yang waktu itu pernah diselenggarakan di Perpusat; mahasiswa FISIP paling banyak secara kuantitas ketika bertanya. Kebayang kalo punya sahabat anak FISIP ga? Kalo mau ketemuan antar alumni SMA misal. Dia tanya, “Kita jadi reunian ga? Apa sih hal inti dari sebuah reunian? Komunikasi? Bukankah di HP kita juga berkomunkasi? Jadi kita reunian di HP aja?” (Ini filsafat atau FISIP -_-), dan lain lain dan akan menguras otak kamu. Tapi biasanya, mahasiswa serius biasanya kehidupan percintaannya juga serius loh, bahkan berani sampai pelaminan, kalau kamu? Iyaa, kamu!

Itulah tadi sedikit kilasan dari TS tentang Fakultas yang “paling-paling” di UI ini. Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan artikel tersebut, karena sebenarnya ini hanya komedi semata kakak  (sekaligus untuk mengangkat pamor anak UI di depan mata calon mertua di luar sana).

Profil Penulis: Andi Kamal Reza Malewa, mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur (2012), UI

Well, menurut pendapat gue pribadi yak, isi artikel ini emang ada bener enggaknya juga sik, karena ini kan berlaku secara umum, bukan per individu. Yang paling jelas bisa gue komenin ya fakultas gue sendiri, haha. Tebak apakah itu? Taraaaaa.. Yap, FIB UI. Berdasarkan pengalaman gue menghabiskan 3.5 tahun di fakultas ini, mayoritas penduduk disini yaa emang cewek. Itu satu. Yang kedua, emang rerata cewek-cewek di fakultas ini yaa cuantik-cuantik bagaikan bidadari kek gue, wahaha #serius #langsungmuntah. Di FIB sendiri, berdasarkan hasil survei yang pernah gue baca, jurusan pemenang cewek-cewek tercantik adalah jurusan gue, Sastra Belanda #horeee #tepok tangan. So, buat lo yang merasa cantik ala bidadari, yuks maree masuk Sastra Belanda UI, haha #promo

Buat fakultas lainnya, sekilas dipandang emang bener sik. Kek FKM yang emang minim ikhwan dibandingkan akhwatnya *baca: minim mahasiswa dibanding mahasiswinya*, fasilkom yang emang kecepatan wifinya diatas rata-rata *meskipun di teknik wifinya juga sekenceng fasilkom sik menurut temen gue*, FE yang sering jadi tempat syuting *walopun FIB dan Perpusat juga sering jadi tempaat syuting* dan bla bla bla lainnya. Tapi yaa gak semuanya bener jug. Balik lagi ke pengalaman individu masing-masing jadinya.

So far, lo boleh percaya ama ini “setengah fakta setengah mitos” ato kagak. Gue juga disini mengutarakan pendapat gue  berdasar pengalaman serta pengamatan yang pernah gue lakuin #tseeh #gayabet sehingga semua pendapat gue bener-bener subjektif. Tapi seengganya pengetahuan lo tentang UI bertambah lah yaa abis baca kutipan artikel diatas, haha. Have a nice read, fellas 😀

Source

www.diarydudul.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *