Uncategorized

Tips Mempertahankan Kesehatan Mental bagi Millenial

Pandemi Covid 19 yang sudah berjalan lebih dari 8 bulan saat ini ternyata berdampak pada kesehatan mental masyarakat di Indonesia. Berdasarkan pemantauan dari PDKSJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia) per 14 Mei 2020, terdapat 69% dari 2.364 responden menderita masalah psikologis, antara lain cemas, depresi, dan trauma psikologis.

Kesehatan mental seseorang sangat dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan seseorang yang meninggalkan dampak besar pada kepribadian dan perilakunya. Jika kesehatan mental seseorang terganggu, maka akan timbul gangguan mental. Gangguan mental ini akan dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan atau bahkan bisa memicu keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan adalah depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis.

Demi menghindari angka stress yang semakin meningkat, PDSKJI meminta masyarakat untuk mengurangi dan menyaring masuknya berita yang menakutkan soal covid-19, melakukan banyak hal positif, seperti menghindari merokok, mengkonsumsi alkohol dan narkoba.

Saat mengetahui seseorang yang terdekat dengan kita atau kita sendiri sepertinya sedang mengalammi gangguan  mental, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya yaitu:

– Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif bergerak.

– Membantu orang lain dengan tulus.

– Memelihara pikiran yang positif.

– Memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah.

– Mencari bantuan profesional jika diperlukan.

– Menjaga hubungan baik dengan orang lain.

– Menjaga tidur dan istirahat yang cukup

Lalu bila gangguan mental semakin memburuk, misalnya jika diri sendiri atau kerabat menunjukkan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas secara terus-menerus dan tidak membaik, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jiwa atau psikiater untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit ataupun puskesmas terdekat yang memiliki layanan konsultasi psikolog atau psikaiater.

Semakin cepat gangguan kesehatan mental diatasi, maka akan semakin mudah untuk ditangani dan disembuhkan. Semoga kita semua bisa melewati pandami Covid-19 ini dengan jiwa yang selalu sehat ya. Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia. (EKW)

 

Sumber :
https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-mental
http://manajemenrumahsakit.net/2020/07/menanggulangi-kesenjangan-kesehatan-mental-selama-wabah-covid-19/
https://www.suara.com/news/2020/05/01/125216/data-psikiater-1522-orang-indonesia-depresi-akibat-corona?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *